Efek Samping Mengkonsumsi Mie Instan Secara Terus Menerus

| Jumat, 29 April 2016
Mie instan adalah makanan siap saji yang memiliki beraneka macam rasa. Selain enak, cara penyajiannyapun terbilang sangat cepat. Namun dibalik keenakan rasa makanan tersebut tersembunyi berbagai dampak negative yang dapat mengancam kesehatan kita.
Adapun efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan tersebut diantaranya adalah :


  1. Menurut beberapa sumber, dalam mie instan terkandung zat lilin yang berbahaya. Jika kita mengkonsumsi makanan tersebut secara terus menerus, maka zat lilin tersebut akan semakin menumpuk dalam tubuh. Dan pastinya hal itu akan meningkatkan resiko penyakit yang berbahaya seperti kanker.
  2. Dalam pembuatan mie instan juga diketahui menggunakan zat pewarna buatan (tartrazine). Zat ini juga berbahaya bagi tubuh, efek samping negatif dari zat ini adalah meningkatkan resiko terjangkitnya asma.
  3. Selain itu dalam mie instan juga terdapat kandungan natrium dan kadar garam yang cukup tinggi. Hal ini bisa berakibat tidak baik bagi penderita hipertensi, jantung, dan ginjal
  4. Dalam mie instant terutama pada bumbunya mengandung MSG ( monosodium glutomat) yang cukup tinggi. Bagi mereka yang alergi terhadap zat ini bisa mengalami sesak nafas, sakit kepala, mual, hingga muntah.
  5. Terlalu sering mengkonsumsi mie instant juga berbahaya bagi sistem pencernakan tubuh kita. Kandungan zat didalamnya mengakibatkan susah buang air besar.
  6. Kumpulan zat kimia serta zat pewarna pada mie instan merupakan racun yang siap membunuh kita pelan-pelan, yaitu dengan melemahkan sistem metabolisme tubuh secara bertahap.
  7. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi mie instan dapat berdampak negative bagi perkembangan janin. Tak jarang hal ini mengakibatkan keguguran.
  8. Pada anak-anak, terutama bagi balita, mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan terhambatnya nutrisi bagi tubuh mereka, sehingga menghambat pertumbuhan mereka, dan menyebabkan anak menjadi kurang gizi dan daya pikir mereka kurang.
  9. Mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi akan menyebabkan penyakit kencing manis. Karena nasi dan mie instan sama-sama mengandung zat karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika kita mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, maka kadar insulin dalam pankreas akan melonjak naik. Hal itu bisa merusak pankreas.
  10. Kebiasaan mengkonsumsi mie instan dapat menurunkan nafsu makan, terutama bagi anak-anak. Hal itu tentu saja mengakibatkan kurangnya nutrisi bagi mereka.
  11. Terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga menyebabkan gangguan pada usus kita. Akibatnya kita bisa terjangkit usus buntu.
  12. Mie instan merupakan makanan yang sulit dicerna tubuh kita karena ia tak dapat hancur selama beberapa jam. Hal ini tentu akan membuat saluran pencernakan kita bekerja extra keras untuk mencernanya.
  13. Mie instan juga dapat menyebabkan penyakit maag.
  14. Kandungan MSG pada mie instant juga dapat meningkatkan resiko terjangkitnya asma.
  15. Terlalu sering mengkonsumsi mie juga mengakibatkan dinding usus menjadi tipis. Akibatnya sering terjadi kasus kebocoran pada usus.
Bahaya mie instan sudah terlalu banyak, jadi jangan terlalu konsumsi mie instan yah agar lambung dan usus tetap baik.

Sumber : http://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/23-efek-samping-mie-instan-bagi-kesehatan-yang-mematikan

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲