Manfaat Menyanyi

| Selasa, 17 Mei 2016
Dengan semakin menjamurnya KTV alias tempat karaoke, baik di ruko maupun mall, kita jadi makin sering nyanyi. Selain jadi ajang seneng-seneng sama temen, menyanyi itu ternyata punya banyak manfaat, lho. Penasaran? Coba kita kulik satu-satu, ya.

Manfaat Bagi Fisik dan Kesehatan

1) Baik untuk pernapasan
Dengan menyanyi, kamu sambilan melatih fungsi paru-paru, sehingga kamu bisa bernapas lebih dalam, deh. Bagus juga untuk penderita asma, lho.

2) Meningkatkan kualitas tidur
Selain itu bisa mengurangi frekuensi ngorok (penting banget ini!). Kalau punya temen sekamar yang sering ngorok, paksa dia nyanyi deh. Kalau dia nggak pede nyanyi di depan umum, suruh nyanyi di kamar mandi
 pakai gagang shower atau gayung.

singin-in-the-rain-1

3) Memperkuat sistem imun
Supaya nggak gampang sakit di tengah cuaca yang kadang terik dan kadang hujan seperti sekarang. Tapi jangan lantas nantangin cuaca dengan sengaja ujan-ujanan, ya. Selalu pakai payung atau jas hujan.

4) Mengencangkan kulit wajah.
Krim anti aging kamu dapet temen baru yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah meriah, nih.
article-2546542-1AFCAA4C00000578-982_634x495

5) Memperbaiki postur tubuh
Soalnya nggak mungkin kan kamu nyanyi dalam keadaan membungkuk atau jungkir balik? (pengecualian buat Pink yang belakangan ini suka nyanyi dalam keadaan jungkir balik). Pasti badan kamu tegap. Dan kalau terbiasa begitu postur tubuhmu lama-kelamaan akan jadi bagus.

Manfaat Emosional

6) Meningkatkan kepercayaan diri
Apalagi kalau ternyata suaramu bagus, pasti kamu bakal menuai berbagai pujian dari temen-teman kamu. Alhasil, kamu jadi makin pede.

singerwithnotes

7) Meningkatkan mood dan mengurangi stres
Soalnya waktu nyanyi tubuh kita melepaskan endorphine, hormon yang membuat kita merasa nyaman dan bersemangat. Tapi pilih lagu yang bener juga ya. Kalau saban hari nyanyinya lagu patah hati terus, adanya kamu malah depresi sendiri nginget mantan, keleus!

8) Merangsang kreativitas
Jangan heran kalau musisi itu pada kreatif-kreatif, soalnya menyanyi memang merangsang kerja otak kanan kita, lho.

Manfaat Sosial
9) Memperluas pergaulan
Katakanlah kamu punya akun Soundcloud atau YouTube. Coba deh, upload hasil rekaman kamu ke sana. Dengan luasnya jaringan kedua website audio dan video sharing itu, suaramu bisa didengar sama orang dari berbagai belahan dunia. Lumayan kan, bisa jadi salah satu media buat temenan sama bule nun jauh di sana? Hehe. Atau siapa tau dari iseng-iseng nggak berhadiah upload rekaman di sana, kamu bisa jadi artis YouTube kayak Madilyn Bailey, Kurt Hugo Schneider, dan Sam Tsui.
hens-party-adelaide-bollywood-dancing-fun-

10) Mempererat persahabatan
Menyanyi bersama orang lain, baik berduaan aja maupun bawa orang sekampung kayak di film India, bisa meningkatkan hubungan emosional dan kekompakan diantara para anggotanya.

11) Ajang untuk menyalurkan aspirasi kita
Sebagai makhluk sosial, tentu kita pengen suara kita didenger. Entah karena kita peduli dengan isu-isu tertentu, curhat, niat ngelucu, atau sekedar pengen eksis aja. Beberapa lagu ini mungkin bisa jadi inspirasi: parodi lagu “What Makes You Beautiful” dari One Direction yang berisi keprihatinan akan kondisi Jakarta dan ajakan untuk memilih Jokowi-Basuki pada pilgub Jakarta 2012 lalu, lagu “Aku Rapopo” yang dijadikan wadah curcol oleh Jupe yang ditinggal Gaston, atau lagu-lagu berlirik ngebanyol yang biasa dibawakan oleh Project Pop.

Selesai baca artikel ini, kamu pasti jadi pengen buru-buru ke kamar mandi buat ‘konser tunggal’ atau ngacir ke tempat karaoke. Tapi kalau takut bokek gara-gara keseringan ke tempat karaoke, kamu bisa juga lho beli microphone sendiri buat karaoke di rumah.

 Sumber : https://blog.tokopedia.com/2014/05/11-manfaat-menyanyi-untuk-kesehatan-emosional-dan-sosial/

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲